Ilmu Keperawatan Dasar Akupuntur
Diposting oleh Unknown
“MAKALAH”
KEPERAWATAN
KOMPLEMENTER DASAR
AKUPUNTUR
BY
:
TEGUH
KHAUTSAR HAMBALI
FAKULTAS
ILMU KESEHATAN
PRODI
S-1 KEPERAWATAN
UNIVERSITAS
PESANTREN TINGGI DARUL ULUM
JOMBANG,
2014
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur penulis sampaikan kepada Allah
SWT yang telah melimpahkan rahmatnya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah
ini terimkasih sebesar-besarnya saya ucapkan kepada :
1.
Mukhamad
Rajin, S.Kep. Ns. M.Kes
2.
Hj.
Masruroh , S.Kep. Ns. M.Kes
3.
Dr.
Thomas
4.
Endah
Widiastutik, S.Kep. Ns.
Yang
telah banyak berjasa untuk membantu menyelesaikan makalah yang saya buat,dan
tak lupa saya ucapkan pula beribu-ribu terimakasih kepada teman-teman yang
mendukung saya,sehingga memberikan saya motivasi untuk mengerjakan makalah ini
tepat pada waktunya .Saya menyadari sepenuhnya masih banyak terdapat kekurangan
dan kelemahan dalam menyusun makalah ini baik dari isi maupun penulisnya. Untuk
itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun senantiasa saya
harapkan demi penyampurnaan makalah ini di masa yang akan datang.
Pada
kesempatan ini saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan
semua pihak sehingga makalah ini dapat terselesaikan.
Jombang,
23 Sept 2013
penyusun
DAFTAR
ISI
Halaman Judul........................................................................................................
Kata Pengantar.......................................................................................................
Daftar Isi ...............................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang ................................................................................................
1.2 Rumusan Masalah.............................................................................................
1.3 Tujuan..............................................................................................................
BAB II
PEMBAHASAN .....................................................................................
2.1 Ciri
khas terapi akupuntur ...............................................................................
2.2Pengobatan Akupuntur DasarAda 6...................................................................
2.3Teori 5 Unsur (U-Sing).......................................................................................
2.4 Penggunaan “U Sing” pada Akupunktur.............................................................
2.5 Interpretasi hubungan
fisiologik Cang Fu dalam pergerakan U Sing.....................
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan.......................................................................................................
Daftar Pustaka........................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Akupunture sebagai salah satu
pengobatan tertua di cina (500 tahun yang lalu).dalam buku “ HUANG TI NE ICING
SU WEN” (The Yellow Emperor’s Classic Of Internal Medicine) atau Pedoman Abadi Penyakit Dalam
“Kaisar Kuning”.Diketahui cara deteksi dan terapi penyakit berdasarkan
kehidupan yang seimbang antara makroskopis (lingkungan) dan makroskopis
(manusia).keseimbangan tersebut sesuai dengan falsafah TAO yang menjadi
falsafah bangsa cina.
1.2 Rumusan Masalah
1)
Seperti apa pengobatan terapi akupuntur dalam pengobatan
medis?
2)
Bagaimana menerapkan terapi akupuntur terhadap klien?
3)
Seperti apa perawat yang dimaksud dengan yin dan yang?
4)
Bagaimana peran yin dan yan dalam kehidupan kita?
5)
Bagaimana perjalanan yin dan yang dalam tubuh kita?
1.3 Tujuan
1)
Mampu menjelaskan ciri khas terapi akupuntur
2)
Mampu menjelaskan pandangan secara menyeluruh
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1.CIRI KHAS
TERAPI AKUPUNTURE
Ilmu akupuntur dalam ilmu pengobatan china,membentuk suatu system teori yang cara pendekatanya berlainan dengan kedokteran barat.namun dengan berkembanganya ilmu kedokteran barat dan timur,akhir-akhir ini orang sering memadukan kedua macam pendekatan ini.
1.Pengobatan
akupuntur dasar ada 6 yaitu :
Ø Fisisologi
Ø Patologi
Ø Analisa penyakit
Ø Penegakan diagnose
Ø Dan pengobatan
a. Fisiologi
Tubuh manusia sebagai satu
kesatuan integral,walaupun organ dalam yang menurut fungsinya dibagi menjadi
cang dan fu,tetapi terdapat hubungan erat antara cang dengan cang yang lain,antara fu dengan
fu,cang dengan fu ,bahkan antara cang fu.dan anggota badan,pancaindera dan
jaringan yang lain.kesatuan mereka dihubungkan oleh sisitem meridian,sehingga
membentuk suatu kesatuan yang integral dan terorganisir rapi.
b. Etiologi
2.Penyebab penyakit
di bagi dua kelompok besar yaitu :
Ø Penyebab penyakit luar (PPL)
Ø Penyebab penyakit dalam (PPD)
3.Selanjutnya data
penyakit diperoleh berdasarkan 4 cara pemeriksaan yaitu :
1. Pengamatan (Wang)
2. Pendengaran/penciuman (Wen)
3. Anamnesa (Wun)
4. Dan perabaan (Cie)
4.Kemudian dari
hasil pemeriksaan itu dianalisis ke dalam 8 pengelompokan syndrome (YIN,YANG,PIAO,LI,HAN,RE,XI,SHE).
2.2.TEORI YIN DAN
YANG
1.Konsep dasar yin
yang
Dasar teori dan falsafah
pemikiran dalam pengobatan cina (tcm) adalah teori yin yang dan lima unsur (wu
sing).teori teori yin yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang berada dalam
alam semesta dibentuk,dilahirkan,bergerak ,berkembang dan berubah karena
dorongan atau bimbingan dari dua aspek berlawanan yaitu aspek yin dan aspek
yang.Teori yin yang adalah Suatu pola dasar dari pada fenomena alamiah yang
terjadi baik di dalam makro maupun mikro-kosmos
2.Aspek yin yang
menjalin hubungan yaitu :
1. Hubungan saling bertentangan
Yin
yang saling bertentangan semua di alam semesta ini selalu dalam keadaan
berlawanan atau bertentangan dalam teori yin yang kedua pihak yang berlaanan
misalnya, (Bumi dengan langit,Tinggi dengan rendah,Atas dengan bawah,Naik
dengan turun,Siang dengan malam,Diam dengan bergerak,Pria dengan wanita)
2. Saling mengandalakan
Kehadiran
antara yin dan yang memberikan arti keduanya dapat hadir berdampingan,hidup
saling mengandalkan dan saling membutuhkan.hal ini berarti :
Ø Yin ataupun yang tidak dapat
berdiri sendiri
Ø Kehadiran yin harus di tunjang
dengan yang
Ø Demikian pula yang ditunjang
dengan yin
Contoh
dalam tubuh manusia :
Darah
bersifat yin digerakan energy QI yang bersifat yang,dan yang untuk bergerak
diberi energy tubuh yang bersifat yin.
3. Saling menarik
Yin
dan yang selalu dalam keadaan bergerak,selalu tumbuh atau berkurang.apabila
yang sedang bertambah maka yin berkurangdemikian pula sebaliknya bila yin
bertambah maka yang berkurang,namun demikian pergerakan ada batasnya.
4. Dan saling membentuk serta pada
kondisi tertentu dapat berubah dari aspek ke aspek lainya,yaitu yin ke yang
atau sebaliknya.
Dalam
kondisi tertentu yang dapat berubah menjadi yin,dan yin dapat berubah menjadi
yang.
3.Cara menyeimbangkan energi “Back To Nature”:
1.
Mengatur makanan dan minuman yang memiliki getaran sesuai
dengan getaran individu.
2.
Latihan jasmani
3.
Meditasi
4.
Pengobatan/pertolongan :
Ø
Penyesuaian Life stile
Ø
Herbal medicine
Ø
Moksibusi
Ø
Masase (akupresur)
Ø
Akupunktur
4.PEMBAGIAN ORGAN
TUBUH DAN ORGAN YIN DAN YANG
Pembagian
|
yin
|
yang
|
Bagian
tubuh
|
Bawah (inferior)
Tengah (medial)
Dalam (profundal/viseral)
Depan (anterior)
|
Atas (superior)
Samping (lateral)
Luar/permukaan
(superfisial)
Belakang
(posterior)
|
Organ
tubuh
|
Organ padat
(zang),membentuk energy :
1.
Hati
(liver = LV)
2.
Jantung
(herat =HE)
3.
Sampul
jantung (pericardium = PC)
4.
Limpa
(spleen = SP)
5.
Paru
(lung = LU)
6.
Ginjal
(kidney =KI)
|
Organ berongga (FU)
:
1.
Kandung
empedu (gall bladder = GB)
2.
Usus
kecil (small intestine=SI)
3.
Tiga
pemnas =tri heater=TH)
4.
Lambung
(stomach = ST )
5.
Usus
besar (large intestine=LI)
6.
Kandung
kemih (bladder= BL)
|
5.Sifat-sifat Yin Yang :
1. Bersifat
tidak murni.
2. Saling
bertentangan satu sama lainnya (saling
menyeimbangkan).
3. salingmengandalkan/mendukung
4. saling
menarik
5. saling membutuhkan.
6. tidak mutlak,
7. yin bisa jadi yang danyang bisa jadi yin.
6.Penerapan
klinis yin yang:
1. data klinik :
- yin : bawah, organ padat, dada, tenang, kronik
- yang : atas, organ beronggan, punggung, gelisah, akut.
2. diagnostik :
- yin : dingin, dalam, hipoaktif
- yang : panas, luar, hiperaktif
3. terapi :
- yin : hipo (si) à di tonifikasi = di pu : yang
- yang : hiper (se) à di sedasi = di sie : yin
4. perjalanan penyakit
- mula-mula organ yang à organ yin
5. prognosa
- yang à yin : buruk
2.3.TEORI 5 UNSUR (U-SING)
1.Pengertian
U
Sing : 2 kata; “U” = lima dan “Sing” = Unsur. Setiap fenomena
dan segala sesuatu di alam semesta dibentuk dari hasil pergerakan sifat 5 unsur
(“Kayu,
Api, Tanah, Logam, dan Air” = KATLA).Ke lima unsur itu satu sama lain mempunyai
hubunganMenerangkan hubungan antar organ dan bagian lain di dalam tubuh, baik
dalam kedaaan sehat maupun sakit.Menerangkan
hubungan antar tubuh manusia dengan alam semesta.Teori USing berguna sekali
untuk menganalisis, menegakkan diagnosa, dan pengobatan penyakit.
2.PENGGOLONGAN
JENIS
MENURUT “U SING”
MENURUT “U SING”
Segala sesuatu di alam semesta digolongkan menurut sifat,
fungsi dan bentuk ke dalam pergerakan “Kayu, Api, Tanah, Logam, dan Air”.
3.PENGGOLONGAN U-SING
JENIS
|
KAYU
|
API
|
TANAH
|
LOGAM
|
AIR
|
Chang
Fu
Panca indra
Hawa udara
Jaringan
Emosi
Warna
Rasa
Perjalanan hidup
Pengeluaran
|
LV/LR
GB
Mata
Angin
Tendon
Marah
Hijau
Asam
Lahir
Air mata
|
HT, PC
SI, TH/TE
Lidah
Panas
Vaskuler
Gembira
Merah
Pahit
Tumbuh
Keringat
|
SP
ST
Mulut
Lembab
Otot
Berfikir
Kuning
Manis
Dewasa
Air liur
|
LU
LI
Hidung
Kering
Kulit/kuku
Sedih
Putih
Pedas
Layu
Ingus
|
KI
BL
Telinga
Dingin
Sendi/Tlang
Takut
Hitam
Asin
Mati
Air liur
|
4.HUBUNGAN
ANTAR “U SING”
1.Terdapat
Hubungan :
Fisiologis :
hubungan menghidupkan (siklus Sheng) dan membatasi/mengekang
(Siklus Ko).
Patologis :
hubungan penindasan dan penghinaan
a.
Hubungan Menghidupkan
Melahirkan / membantu
pertumbuhanAliran Qisearah jarum jam,
berjalan satu arahmembentuk pola
hubungan Ibu-pribadi-Anak.
b.
Hubungan Membatasi
Menguasaibertujuan
agar fungsinya tidak berlebihan dan tetap dalam batas-batas keseimbangan
Hukum
fisiologis menghidupi-membatasi, dalam fisiologis kedokteran dikenal : feed
back mechanism
c.
Hubungan
penindasan
Penyerbuan diluar batas-batas
normal.
Energi yang berlebihan pada salahsatu
unsur (hiperaktif/ekses) dan menindas unsur
yang lain.
d.
Hubungan penghinaan
Unsur yang
biasanya menguasai (membatasi)
tidak mampu menguasai unsur yang dikuasai
5.Ibu
– Pribadi - Anak Dalam Teori U Sing
Ø
Pribadi, adalah unsur
yang bersangkutan sesuai sifat unsur organ.
Ø
Ibu, merupakan unsur yang mendahului “Pribadi”.
Ø
Anak, adalah unsur yang mengikuti (setelah) pribadi.
Kegunaan Titik Ibu, Anak dan
Pribadi
dalam terapi akupunktur :
- Bila pribadi Si (hipoaktif) à titik ibu di Pu (Tonifikasi).
- Bila Pribadi Se (hiperaktif) à titik anak di sie (disedasi).
- Dalam menentukan titik dilakukan secara berurutan :
Ø
Yang : Logam-Air-Kayu-Api-Tanah (LAKAT= Jing-Yung-Shu-Ching-He),
Ø
Yin : Kayu-Api-Tanah-Logam-Air (KATLA=
Jing-Yung-Shu-Ching-He).
2.4.PENGGUNAAN
“U SING” DALAM AKUPUNKTUR
Teori U Sing
(Wu Sing) dapat diterapkan di dalam fisiologi, patologi, Penegakkan diagnosis,
dan pengobatan akupunktur.
1.
Interpretasi
Fisiologi Dan Hubungan Intern Antar-Cang Fu.
1.
Hati
(LR)
digolongkan dalam pergerakan
kayu mempunyai sifat:
1. Menyukai
lingkungan yang luas,
2. Tidak
mau ditekan, tumbuh danbergerak
3. Ke-atas
(ascending)
4. Mempunyai
fungsi melancarkan (menjaga keharmonisan)
2. Paru
(LU),
berfungsi membersihkan dan menurunkan Chi,
menentukan nyaringnya suara seseorang.
3.
JANTUNG
(HT)
Yang dari jantung (HT)
sebagai pemanas tubuh, sifatnya
menyerupai api,
unsur Api, sifat :
Ø Panas
dan hangat
Ø Berkeringat
Ø berkobar
4. LIMPA (SP)
Ø
Limpa (SP), sumber pembentukan Chi dan Darah,
Ø
transportasi air dan lembab.
Ø
Unsur tanah sebagai tempat berpijak,
Ø
penumbuh makhluk hidup, dan pembendung air.
5. GINJAL(KI)
Ø
Ginjal (KI) menyimpan Cing
Ø
(partikel kecil yang sangat penting),
Ø
pemberi nutrisi, dan penyiram
2.5.Interpretasi hubungan fisiologik Cang Fu dalam pergerakan
U Sing.
1.
Ginjal = pergerakan air, tempat menyimpan Cing, memberi
nutrisi Hati= kayu à air menumbuhkan pohon.
2.
Hati = kayu, tempat penyimpan darah, membantu fungsi
jantung = Api à kayu membesarkan api.
1.Interpreasikan hubungan
mengekang dan membatasi Cang Fu.
Fei Chi (Chi
paru-paru), membersihkan dan menurunkan, dapat menekan anaknya kanyang (yang
dari hati) à
logam menekan kayu.
1.
Hati = kayu, pelancar dan menghilangkan hambatan-hambatan
pada limpa. à kayu menekan tanah.
2.
Limpa, mengatur penyaluran air dan mencegah membanjurnya
air à tanah menekan air.
3.
air ginjal,
mencegah membaranya api à air menekan
api.
4.
Panasnya jantung mencegah pendinginan berlebihan paru
2.Dalam Aspek
Patologi
- Satu dengan lainnya saling mempengraruhi
- Penyakit hati menjalar ke limfa disebut kayu menindas tanah.
- Limfa yang bersifa She menjalar ke hati disebut tanah menghina kayu.
- Penyakit hati mempengaruhi jantung, hal itu sebagai wujud penyakit ibu menjalar kepada anak.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Akupuntur
merupakan pengobatan dengan cara menusuk jarum (Acus = Jarum,Punctur = tusuk
),dan dalam bahasa cina disebut cen jiu.jadi akupntur adalah suatau ilmu dan
seni pengobatan tradisional timur dengan penusukan jarum akupuntur pada daerah
khusus di permukaan tubuh,dengan tujuan utama menjaga keseimbangan bioenergy
dalam tubuh manusia.
Demikian dengan
adanya makalah ini dapat memperluas wawsan kita di dalam pengobatan atau terapi
sehingga kita mampu memberikan pelayanan yang optimal tentunya ,yang akan
bermanfaat bagi diri kita maupun keluarga atau masyrakat.
DAFTAR
PUSTAKA
1. Djuharto,S,;G.Pong Permadi D,(1987).Buku Pegangan Praktis Terapi Akupunktur,Gravidian
Jaya,Jakarta
2. Pong Permadi,D,Djuharto.(1981) Pedoman Praktis Belajar Akupuntur.Bandung
3. Koosnadi,S,;Agustin I.(2005).Akupuntur Dasar,Airlangga University Press,Surabaya
4. Sim Kie Jie,(1997).Dasar Teori Ilmu Akupuntur,Gramida Widia
Sarana,Jakarta.
0 komentar: